EnglishIndonesian

Apakah kucing perlu mandi?

            Secara alami, kucing tidak terlalu membutuhkan mandi. Kucing merupakan hewan yang senang menjaga kebersihan diri.  Kucing yang sehat disela-sela waktu istirahatnya selalu melakukan self-grooming. Hal tersebut dilakukan agar rambut kucing selalu bersih. Kebutuhan kucing terhadap mandi berbeda-beda antara satu kucing dengan kucing lainnya, tergantung keadaan rambut kucing. Namun jika diperlukan, kucing dapat dimandikan 1x/2 minggu atau 1x/bulan. Terlalu sering memandikan kucing dikhawatirkan menjadikan kulit lebih kering.

Kenapa harus memandikan kucing?

  • Kucing yang sering bermain di luar rumah lebih membutuhkan mandi dibanding kucing yang sering di dalam rumah.
  • Agar rambut kucing bersih dari debu atau bahan bahan lain yang tidak sengaja menempel di rambut.
  • Rambut hewan yang bersih dapat mengurangi alergi pada pemilik hewan.
  • Mencegah dan mengobati serangan parasit kulit.

Bagaimana cara memandikan kucing?

  1. Siapkan sampo khusus kucing

Kulit hewan dan manusia terdapat perbedaan pH. Komponen penyusun sampo hewan disesuaikan dengan kondisi kulit hewan, maka dari itu tidak dianjurkan memandikan hewan dengan produk sampo manusia. Penggunaan sampo manusia pada hewan dapat mengiritasi kulit hewan karena hewan mempunyai lapisan kulit lebih tipis dibandingkan pada manusia. Gunakan Fresh Clean shampoo khusus hewan peliharaan anda, tersedia berbagai varian aroma yang harum menyegarkan.

  1. Siapkan air hangat pada kamar mandi, basahi badan kucing dengan air hangat

Kucing lebih nyaman saat dimandikan dengan air hangat dibandingkan air dingin karena perbedaan suhu kulit dan air tidak terlalu besar.

  1. Tuangkan sampo pada kucing

Sampo dituangkan sedikit demi sedikit  dari leher sampai ekor, dan bagian perut. Hindari bagian mata dan telinga. Sampo diusap sambil dipijat perlahan.

  1. Selalu berhati-hati terhadap gigitan kucing

Menggigit merupakan reaksi kucing yang takut dimandikan. Maka dari itu selalu waspada saat memandikan kucing. Jika terkena gigitan, bersihkan luka gigitan dengan antiseptik

  1. Bilas badan kucing

Bilas badan kucing sampo dan busa menggunakan air hangat sampai bersih.

  1. Keringkan rambut kucing

Rambut basah kucing dikeringkan dengan handuk sambil diusap perlahan. Gunakan hairdryer agar rambut kucing cepat kering. Pastikan rambut kucing kering sempurna untuk menghindari masalah pada kulit kucing, misalnya jamur.

 

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya

Waspadai Ring Worm pada Hewan Kesayangan

Ringworm atau dermatofitosis disebabkan oleh infeksi kapang / jamur di jaringan yang mengandung keratin seperti stratum korneum kulit, rambut dan kuku. Penyakit kulit ini tidak

Kenali Urolithiasis Pada Pet

Kenali  Urolithiasis pada pet Vetamers apakah pernah memperhatikan pet menunjukkan tanda-tanda kesakitan pada saat buang air kecil, kencing sedikit-sedikit atau tidak dapat kencing, dilakukan di