EnglishIndonesian

APAKAH KUCING BOLEH MINUM SUSU ?

Beberapa masalah yang sering ditemui di sekitar yaitu induk kucing tidak mau menyusui anak kucing atau anak kucing dibuang tanpa induk, maupun masalah-masalah lain yang menyebabkan anak kucing terlantar. Pemberian susu kemasan manusia untuk anak kucing juga bukan pilihan yang tepat. Susu pengganti atau milk replacer sangat dibutuhkan dalam kegiatan rescue dan berperan penting untuk anak kucing.

Pemberian susu yang tidak cocok untuk kucing dapat menyebabkan diare. Susu yang seharusnya menyehatkan tubuh malah menyebabkan gangguan bagi pencernaan. Jika terjadi diare, nutrisi pada susu akan terbuang karena tidak dapat diserap tubuh. Penting bagi pemilik hewan untuk mengetahui susu yang baik untuk kucing.

  • Susu merupakan sumber pakan yang lengkap dan mudah dicerna untuk anak kucing

Susu mempunyai kandungan nutrisi lengkap seperti protein, kalsium, zat besi, berbagai vitamin, dan nutrisi-nutrisi lain yang mudah diserap tubuh. Susu berperan penting untuk anak kucing sebelum masa penyapihan (masa pengenalan pakan selain susu). Anak kucing hanya dapat minum susu dari induk karena saluran pencernaan anak kucing masih belum berkembang untuk mencerna makanan kompleks seperti daging.

  • Susu kemasan untuk manusia tidak boleh diberikan pada kucing

Kucing suka ketika diberikan susu, namun susu yang disukai kucing belum tentu baik untuk tubuh kucing.  Jenis gula susu laktosa pada susu sapi lebih tinggi dibandingkan pada susu kucing. Kadar laktosa yang terlalu tinggi dapat menyebabkan diare pada kucing.

  • Semakin kucing bertambah umur, semakin berkurang kemampuan untuk mencerna susu

Sebelum dicerna tubuh, laktosa harus dipecah menjadi gula sederhana. Pemecahan laktosa dilakukan dengan bantuan enzim laktase. Produksi enzim laktase pada kucing menurun setelah masa penyapihan, bahkan beberapa kucing dewasa tidak memiliki enzim laktase. Tidak adanya enzim laktase membatasi kemampuan kucing untuk mencerna susu sering disebut laktosa intoleran.

  • Susu khusus kucing memiliki kadar laktosa lebih rendah atau bahkan bebas laktosa

Susu khusus kucing berasal dari susu sapi atau kambing yang telah diproses sehingga mempunyai kandungan rendah laktosa atau bebas laktosa. Kandungan laktosa yang rendah menurunkan peluang diare pada kucing.

  • Diare terjadi pada kucing yang tidak cocok dengan susu

Diare terjadi sebagai reaksi akibat kucing tidak dapat mencerna susu. Gejala diare juga terjadi pada kucing yang mengalami laktosa intoleran. Ketika gejala ini muncul setelah pemberian susu, pemilik hewan harus menghentikan pemberian susu tersebut.

Susu MilkyVar merupakan rekomendasi susu kucing, nutrisi-nutrisi yang dikandung tidak menyebabkan gangguan pencernaan dan aman bagi kucing. Kesehatan kucing terjaga dalam kenikmatan susu.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Lainnya

Waspadai Ring Worm pada Hewan Kesayangan

Ringworm atau dermatofitosis disebabkan oleh infeksi kapang / jamur di jaringan yang mengandung keratin seperti stratum korneum kulit, rambut dan kuku. Penyakit kulit ini tidak

Kenali Urolithiasis Pada Pet

Kenali  Urolithiasis pada pet Vetamers apakah pernah memperhatikan pet menunjukkan tanda-tanda kesakitan pada saat buang air kecil, kencing sedikit-sedikit atau tidak dapat kencing, dilakukan di